Selasa, 15 Maret 2011

PengediTan BloG= +_+

Mengedit layout merupakan hal yang sangat penting dilakukan, karena disini kita dapat mempercantik tata letak serta wajah blog kita. Berikut cara cara mengedit blog yang menggunakan fasilitas dari blogger.com.
1.Layout terdiri dari beberapa bagian diantaranya:
a.Page Element (Elemen halaman)
b.Font and Color (Tulisan dan warna)
c.Edit HTML
d.Templat
2.langkah awal sebelum kita mengedit page elemen menurut pribadi lebih baik kita mengganti terlebih dahulu model template lama dari google bagi yang tidak suka dengan templatenya dengan mengganti template yang lebih menarik dan unik dari blog-blog atau situs penyedia download gratis template blogspot. Caranya adalah dengan mencari di google search engine dan menuliskan kata “free templates blogspot” atau anda dapat melihat berbagai jenis templates menarik yang saya rekomendasikan untuk template blog anda diantaranya dari alamat berikut ini:
http://ourblogtemplates.com
Blogger Templates
Free Blogger Templates
3.Setelah anda memilih dan mendownload HTML dari blog pilihan lalu simpan di plashdisk. Masuklah ke bagian edit HTML, namun sebelum mengganti HTML dengan yang baru download/simpan template anda yang lama hal ini penting karena jika anda ingin kembali ke template lama anda hanya perlu browse dan upload dari data anda.mengerti kan. Kita lanjutkan
4.Browse html yang anda download yang disimpan di data anda lalu upload, setelah diupload simpan dan konfirmasikan. Jika ada tulisan error di bagian atas berarti template model tersebut tidak mendukung. Silahkan anda mengganti dengan yang lain. Akan tetapi jika tidakada kata eror (berwarnamerah biasanya) dan terdapat bacaan “changed was saved” atau perubahan telah disimpan dan view blog/ lihat blog berarti anda berhasil. Untuk melihatnya silahkan klik view blog atau buka windows baru dan tuliskan alamat blog anda.
5.Silahkan anda ganti saja template tersebut sampai anda merasa cocok dengan templatenya, namun perlu diperhatikan sepengalaman saya jika terlalu sering mengganti template dalam waktu yang sama biasanya lebih dari 5 kali ganti suka agak sedikit error untuk itu pilihlah yang benar-benar anda sukai dan menurut anda paling cocok.
6.Langkah selanjutnya adalah kita edit mengenai halaman elemen atau page elemen. Disini kita dapat menambah elemen-elemen baik itu mengenai link, surat kabar dari google, tulisan pendek, gambar, video dari google, adsense serta banyak lainnya.
Namun perlu diingat  jika kita terlalu banyak memasang pernak-pernik mengenai hal-hal yang bersifat pribadi banget membuat blog kitaa agak sedikit lama terbuka, karena saking terlalu banyaknya aplikasi dalam blog.
7.Caranya adalah anda hanya perlu memasang apa yang anda inginkan terpampang diblog anda, dengan mengklik ”add element/tambah elemen”lalu pilih salah satu fasilitas yang tersedia dan isikan apa yang anda iginkan.
8.bagi yang ingin memasang kode html dapat mengklik add elemen lalu pilih ”java script/html” isikan kode dan lihat hasilnya. Anda juga dapat memindahkannya ketempat lain dengan menggeser-geser halam tersebut kebagian yang anda rasa ok.
9.Satu hal lagi yang perlu di edit adalah mengenai kombinasi warna yang anda inginkan, dengan mengedit bagian ”Font and Color” silahkan kombnasikan sesuka anda. Akan tetapi perlu diperhatikan ada template yang tidak mendukung untuk di edit tulisan dan warna ada juga yang mendukung. Namun untuk template dari blogspot google semua bisa dirubah jenis tulisan dan warnanya.
Selamat Mencoba!


0 komentar:

Posting Komentar

Cool_Ÿudhǻ © 2008 Template by:
SkinCorner